Wednesday, December 7, 2022
Semua Tentang Jawa Timur


Tebaran Wilayah Keberadaan Sub-Etnik Surabaya

Wilayah keberadaan orang Jawa “Suroboyoan” jauh melampaui wilayah administratif kota Surabaya. Sebagaimana wilayah guyuban bahasa Jawa dialek Surabaya yang tidak…


Wilayah keberadaan orang Jawa “Suroboyoan” jauh melampaui wilayah administratif kota Surabaya. Sebagaimana wilayah guyuban bahasa Jawa dialek Surabaya yang tidak melulu di wilayah kota Surabaya, orang Jawa “Suroboyoan”, di samping secara administratif berada di kota Surabaya juga berada di Mojokerto, Sidoarjo, di sebagian besar wilayah Jombang, Gresik, Pasuruan, Batu, dan Malang, serta di sebagian kecil wilayah Lamongan dan Kediri.

Sehubungan wilayah-wilayah tersebut tidak ada isolasi alam yang membatasi satu dengan yang lain atau bahkan dengan wilayah sub-etnik Jawa yang lain, maka batas wilayah itu sulit diberi garis tegas. Luasnya tebaran wilayah orang Jawa “Suroboyoan” atau sub- etnik Surabaya itu menyebabkan mereka terjadinya pengelompokan yang lebih kecil yang menjadikan sub-sub-etnik Surabaya. Pengelompokan sub-sub-etnik itu terjadi di samping faktor wilayah, juga karena faktor interaksi sosial di antara mereka.

Atas dasar keduanya, sub-etnik Surabaya sering mereka kelompokkan menjadi dua sub besar, yakni orang “Suroboyoan” yang andhus (Jawa: medhok, asli) dan yang biasa. Sub-sub-etnik Surabaya andhus umumnya berada di pedalaman di berbagai wilayah tebagan sub-etnik tersebut, sedangkan sub-sub etnik Surabaya biasa berada di pusat-pusat kota atau di daerah yang sudah maju pada wilayah-wilayah keberadaan sub-etnik tersebut.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Sugeng Adipitoyo. ORANG JAWA SUB-ETNIK  SURABAYA dalam Pemetaan Kebudayaan di Provinsi Jawa Timur: Sebuah Upaya Pencarian Nilai-nilai Positif. Jember : Biro Mental Spiritual Pemerintah Provinsi JawaTimur bekerjasama dengan Kompyawisda Jatim, 2008, hlm. 112 

%d blogger menyukai ini: