Tuesday, July 16, 2024
Semua Tentang Jawa Timur


Kurun Prasejarah, Kabupaten Lamongan

Lamongan pada waktu Kurun Prasejarah. Dari temuan benda-benda berupa kapak corong, candrasa dan gelang-gelang di desa Mantup Kecamatan Mantup, dapat…

By Pusaka Jawatimuran , in Lamongan Sejarah Th. 1994 , at 15/11/2012 Tag: , , , ,

Lamongan pada waktu Kurun Prasejarah. Dari temuan benda-benda berupa kapak corong, candrasa dan gelang-gelang di desa Mantup Kecamatan Mantup, dapat diketahui bahwa wilayah Lamongan telah dihuni manusia semenjak masa prasejarah.

Selain temuan-temuan tersebut masih banyak lagi , bukti lain yang telah  di ketemukan di daerah lain seperti,  nekara yang terbuat dari perunggu diketemukan di desa Kradenanrejo Kecamatan Kedungpring.

Benda-benda tersebut menurut periodisasi prasejarah termasuk dalam masa perundagian di Indonesia yang mulai berkembang semenjak lebih kurang tahun 300 SM.

Bukti lain lagi yang lebih memperkuat bahwa wilayah Lamongan telah dihuni manusia pada masa prasejarah ialah ditemukannya kerangka manusia, dan manik-manik kaca, lempengan emas, kalung-kalung emas, benda-benda besi, gera-bah, tulang binatang dan lain-lain juga di Kradenanrejo Kedung-pring.

Sistem penguburan dengan menggunakan nekara sebagai wadah jasad manusia dan benda-benda milik si mati, berlaku pada masa perundagian.

Kapak corong dan candrasa, disimpan di Museum Mpu Tantular Surabaya di bawah no. 443 7 dan 4438.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: LAMONGAN MEMAYU RAHARJANING PRAJA, Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II, Lamongan 1994, hlm. 28

Comments


  • untuk info bagaimana cerita sebenarnya tentang penemuan nekara terjadi. Bisa datang ke lokasi rumah si penemu yang tinggal di desa kradenanrejo,kedungpring, LAMONGAN.
    mumpung beliau masih hidup.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: