Friday, August 19, 2022
Semua Tentang Jawa Timur


Upacara Unan-Unan, Upacara Tradisi Kabupaten Lumajang

Keragaman potensi tradisi budaya masyarakat yang dimiliki Kabupaten Lumajang merupakan modal yang harus di pertahankan serta dikembangkan, mengingat kebudayan mempunyai…


Keragaman potensi tradisi budaya masyarakat yang dimiliki Kabupaten Lumajang merupakan modal yang harus di pertahankan serta dikembangkan, mengingat kebudayan mempunyai peran yang cukup strategis dalam meningkatkan industri pariwisata.

Perpaduan etnis Jawa, Madura dan Tengger menjadikan Kabupaten Lumajang kaya akan budaya serta kesenian daerah, Beragam cara untuk memamerkan seluruh potensi seni maupun kultur budaya diantaranya menjadikan PUSAKA JAWATIMURAN sebagai sarana penyebarluasan informasi selanjutnya sebagai sarana pengembangan Kabupaten Lumajang.

Di Kecamatan Senduro, Lokasi Kandangan, Argosari, Ranupane setiap 8 tahun sekali masyarakat  menyelenggarakan Upacara Unan-Unan, adapun Fungsi dai upacara tersebut demi Selamatan Bumi.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Ditulis oleh Tim Pustaka  Jawatimuran – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Sumber Data & Foto Kantor Pariwisata Kabupaten Lumajang, Surabaya, 2012

%d blogger menyukai ini: