Wednesday, June 12, 2024
Semua Tentang Jawa Timur


Akik Pacitan

Ada yang Bergambar Wajah Bung Karno Secara spisifik, Akik Pacitan mempunyai ciri khas dibandingkan dengan Akik-akik dari daerah lain seperti…

By Pusaka Jawatimuran , in Pacitan Sentra , at 29/06/2012 Tag: , , , , , , ,

Ada yang Bergambar Wajah Bung Karno

Secara spisifik, Akik Pacitan mempunyai ciri khas dibandingkan dengan Akik-akik dari daerah lain seperti Akik Garut dari Jawa Barat. Akik Pacitan mempunyai warna bermacam-macam mulai putih, kuning, coklat dan lain-lain.

Batu mulia atau Akik sejak dahulu diburu oleh penghobi. Karena kalau dipoles secara baik dan dijadikan perhiasan seperti cincin atau liontin maka akan menjadi perhatian bagi mereka yang melihatnya. Apalagi kalau akik-akik yang dipoles itu mempunyai warna cemerlang dan ada gambarnya maka penghobi bakal “tergila-gila” untuk memilikinya.

Untuk diketahui saja, harga sebuah Akik yang dikategorikan baik bisa mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah. Namun ada juga Akik yang kualitas sedang harganya hanya mencapai puluhan ribu rupiah. Dan penggemar Akik berkualitas biasa itu, biasanya dilirik oleh golongan penghobi pemula.

Akik sendiri dapat diketemukan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah penghasil Akik adalah Kota Pacitan. Ya, di daerah tersebut banyak diketemukan batu-batu mulia yang umurnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan tahun.

Secara spisifik, Akik Pacitan mempunyai ciri khas dibandingkan dengan Akik-akik dari daerah lain seperti Akik Garut dari Jawa Barat. Akik Pacitan mempunyai warna bermacam-macam mulai putih, kuning, coklat dan lain-lain.

Kemudian yang menarik penghobi, Akik Paeitan ini tidak buram karena tembus pandang. Orang-orang kemudian mengatakan kalau Akik Paeitan tersebut mempunyai eiri kristal. Dan yang lebih menarik lagi , dalamnya kadang bisa ditemukan berbagai gam bar makhluk hidup, tanaman, pemandangan alam dan lain-lain.

Bagi mereka yang ingin melihat atau memiliki Akik Pacitan yang berwama cerah dan ada gambarnya bisa datang ke tempat penjualan batu mulia dan permata di Pasar Kayoon dan Pasar Turi (bekas rel KA depan kantor BTPN) Surabaya. Di sana ada Akik yang mempunyai gambar macan, orang sedang menunaikan Sholat, ikan, burung, huruf, angka, keris dan lain sebagainya.

Bahkan ada seorang penjual yang mempunyai akik bergambar Bung Kamo, Paus Paulus dan tokoh spiritual Khomaini dari Iran. Untuk gambar-gambar yang sifatnya istimewa tersebut pedagang yang ada di sana memasang tarip cukup mahal.

Untuk memberikan kesan anggun, tempat Akik (emban) dipesan khusus pada seorang tukang dengan mengkombinasikan perak dan emas. Selain itu di sisi emban diukir dengan gambar yang disesuaikan dengan Akik misalnya gambar Macan dan lain-lain.

Selain itu gambar-gambar Akik juga mempunyai makna bagi mereka yang mempercayainya. Seperti Akik dengan gambar “Jungjung Derajat” biasanya dipakai oleh pemimpin karena cocok untuk memberikan perintah kepada bawahan di dalam menunaikan tugas-tugasnya.

Begitu pula dengan gambar “puser” yakni arus kuat dari atas ke bawah berputar-putar hingga mengecil. Hal itu menunjukkan Akik tersebut bisa membuat yang memakainya punya motivasi kerja yang kuat dan maksimal.

Sebagai alat penghias, Akik memang mempunyai daya tarik tersendiri. Seseorang yang memakai Akik dengan kual itas bagus maka akan menjadikan pemakainya tampak lebih berwibawa. Tidak mengherankan kalau penggemar Akik setiap hari bertambah banyak.

Jadi, tidaklah mengherankan kalau Pemerintah Kabupaten Pacitan sangat berharap Akik produksi daerahnya menjadi primadona bagi pemasukan daerah. Oleh karena itu berbagai promosi dilakukan agar penggemar akik datang ke Pacitan untuk berbelanja barang tersebut. (p)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Infodis, Edisi III, 2005, hlm. 25

Comments


Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: