Friday, August 12, 2022
Semua Tentang Jawa Timur


Cokhor Duchen di Joko Dolog

Bertepatan dengan hari kemulyaan dharma Sedunia (Asadha) yang jatuh pada hari Sabtu 25 Juli 2009 (menurut penanggalan system Phuluk. Tibet),…

By Pusaka Jawatimuran , in Lokasi Surabaya , at 17/06/2012 Tag: , , , , ,

Bertepatan dengan hari kemulyaan dharma Sedunia (Asadha) yang jatuh pada hari Sabtu 25 Juli 2009 (menurut penanggalan system Phuluk. Tibet), pukul 10.00, umat Triyana Dharma Center mengadakan Puja Bersama di arca Buddha Aksobhya, Taman Apsari Surabaya. Puja bersama ini dipimpin oleh Lama Thegchog, perwakilan Sangha Triyana Dharma Center yang berasal dari Benchen Monastery, Katmandhu, Nepal

Rangkaian Puja diawali dengan pembacaan Riwo Sangchod (Puja Segunung Persembahan Pembakaran) dan pelafalan mantra Padmasambhava dengan tujuan mempersembahkan bahan-bahan berkualitas kepada seluruh mandala Buddha di sepuluh penjuru, para penguasa daratan, para naga dan kepada mereka yang memiliki hutang karma, serta untuk menghalau segala penyebab rintangan dan pertanda buruk yang tidak menguntungkan bagi bangsa dan Negara Indonesia.

Rangkaian Puja dilanjutkan dengan pembabaran Dharma singkat oleh Lama Thegchog mengenai 4 Kebenaran Mulia dan diakhiri dengan Auspicious Puja (Puja kepada 8 Sugata, 8 Bodhisattya dan 8 Pemegang Benda Keberuntungan) dan Pradaksina.

Dipilihnya lokasi Buddha Aksobhya atau oleh masyarakat setempat lebih dikenal dengan sebutan Arca Joko Dolog sebagai kegiatan puja bakti Triyana Dharma Center, dikarenakan area tersebut merupakan obyek suci bersejarah bagi umat Buddha. Keberadaan area suci Buddha Aksobya yang berusia lebih dari 600 tahun di pusat kota merupakan sebuah berkah yang sangat luar biasa bagi masyarakat Surabaya, khususnya umat Buddha.

Maka, sangatlah tepat lokasi tersebut difungsikan sebagai pusat ziarah yang sakral (Dharmayatra) sambil melakukan berbagai aktivitas Dharma bagi kesejahteraan dan kedamaian di kota Surabaya.

%d blogger menyukai ini: