Friday, August 19, 2022
Semua Tentang Jawa Timur


Puspa Agro, Dekati Daerah Sentra

Dekati Daerah Sentra, Kembangkan di Bukorwil KINERJA capaian dari setiap penyelenggaraan pasar lelang selama ini cukup bagus. Indikatornya, transaksi rata-rata…

By Pusaka Jawatimuran , in Sentra Sidoarjo Wisata Wisata Khas , at 01/06/2012 Tag: , , , , , ,

Dekati Daerah Sentra, Kembangkan di Bukorwil

KINERJA capaian dari setiap penyelenggaraan pasar lelang selama ini cukup bagus. Indikatornya, transaksi rata-rata setiap pelaksanaan lelang mencapai Rp 33 miliar lebih atau sekitar Rp 402 miliar lebih per tahun. Sedangkan peringkat komoditas unggulan berdasar nilai transaksi adalah beras, sapi potong dan komoditas kelompok hortikultura seperti buah, sayur mayur dan biji-bijian.

Kepala Disperindag Jatim Ir. Budi Setiawan MMT. ME. mengatakan untuk mendekati daerah sentra produksi, pelaksanaan lelang sejak 2010 yang lalu dikembangkan di tingkat Sakorwil. Sedangkan di level provinsi agenda penyelenggaraan tetap dilakukan setiap selasa minggu terakhir setiap bulan. “Setiap Bakorwil menyelenggarakan 3 kali pasar lelang dalam setahun dan kami saat ini terus melakukan evaluasi,” katanya.

Dijelaskan Budi, pasar lelang di Jatim digelar pertama kali pada 2003 yang hanya diselenggarakan satu kali, yakni pada Desember. Saat itu transaksi hanya Rp 1,304 miliar. Kemudian pada 2004, pasar lelang hanya terselenggara 4 kali yakni pada Februari, April, Oktober dan Desember dengan total transaksi mencapai Rp 110, 738 miliar.

Penyelenggaraan pasar lelang mulai rutin diselenggarakan setiap bulan pada 2005 sampai 2011 dengan total nilai transaksi sebesar Rp 2, 819 triliun. Sedangkan pada 2012 hingga saat ini baru terselenggara sebanyak 4 kali dimulai pada Januari dengan capaian transaksi Rp 2,805 miliar lebih. “Estimasi kami, capaian transaksi pada 2012 diproyeksikan naik sebesar 5 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Budi Setiawan.

Jika digabung dengan perolehan transaksi terakhir di Puspa Agro bersamaan dengan kedatangan Wapres Boediono kemarin, maka capaian total transaksi lelang sejak 2003 hingga sekarang mencapai Rp 3 triliun lebih . •tis.*

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel dinukil Tim  dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Bhirawa, Senin. Pahing, 28 MEl 2012, hlm. 12.

%d blogger menyukai ini: