Tuesday, December 6, 2022
Semua Tentang Jawa Timur


Candi Brahu, Kebuten Mojokerto

Candi Brahu berlokasi di kawasan di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan, Kebupaten Mojokerto, sekitar satu kilometer dari pusat kota Kecamatan arah…

By Pusaka Jawatimuran , in Mojokerto Wisata Wisata Sejarah , at 30/05/2012 Tag: , , , , , , , , ,

Candi Brahu berlokasi di kawasan di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan, Kebupaten Mojokerto, sekitar satu kilometer dari pusat kota Kecamatan arah utara, Candi Brahu terbuat dari bahan batu bata, menghadap ke arah barat.

Denahnya berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 18 x 22.50 meter dan tinggi yang tersisa sampai sekarang 20 meter. Secara vertikal bangunan-bangunan ini dibagi tiga bagian yaitu bagian kaki yang merupakan bagian bangunan terbawah sampai bangunan bilik dan selaras, bagian tubuh yang merupakan bagian bangunan yang berdiri di atas kaki yang berfungsi sebagai penutup bilik dan penyangga atap, bagian atap merupakan bagian teratas bengunan yang berfungsi sebagai penutup bilik.

Ditilik dari gaya bangunan dan sisa profil pada bagian atas candi sisi tenggara, kemungkinan candi ini adalah jenis candi agama Budha dan di perkirakan berdiri pada abad 15 Masehi. Pendapat lain ada yang memperkirakan candi Brahu lebih tua dari candi-candi di wilayah Trowulan. Candi Brahu telah dipugar mulai 1990 dan selesai tahun 1995.

Candi Brahu adalah bangunan suci peribadatan yang dipergunakan untuk memuliakan anggota keluarga kerajaan yang telah wafat. Konon 4 raja pertama kerajaan Majapahit yang wafat diperabukan/dikremasi di komplek bangunan candi Brahu.

 

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pusaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Informasi Priwisata Kabupaten Mojokerto: DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MOJOKERTO, Juni 2011, Mojokerto, 2011

 

%d blogger menyukai ini: