Wednesday, October 5, 2022
Semua Tentang Jawa Timur


Gedung Balai Pemuda

-2008- Karakteristik bangunan Gedung Balai Pemuda ini dapat anda amati dari kubah-kubahnya. Ada dua buah kubah. Satu kubahnya tampak dari…

By Pusaka Jawatimuran , in Sejarah Surabaya Wisata Wisata Sejarah , at 07/12/2011 Tag: , , , , ,

-2008-
Karakteristik bangunan Gedung Balai Pemuda ini dapat anda amati dari kubah-kubahnya. Ada dua buah kubah. Satu kubahnya tampak dari luar mirip mahkota dengan atap seng disusun sistem tumpang menyerupai sisik ikan, berwarna merah. Kubah ini dihiasi dengan ornamen tumpal, seperti halnya ornamen-ornamen candi diIndonesia.

Jika anda amati dengan teliti, maka di bawah kubah dihiasi pula pelipit yang melingkar mengelilingi bagian bawah kubah. Ada pula hiasan berbentuk ikal atau sulur gelung yang dibuat menonjol seolah-olah berfungsi sebagai penyangga kubah.

Pada tubuh kubah terdapat relung-relung tertutup kaca berfungsi sebagai penerang masuknya sinar matahari. Ada keistimewaan  dalam pemasangan kaca yang memiliki seni dengan sistem mosaik.

Seni ini di Eropa dikenal dengan seni icon, yang biasanya menghiasi jendela Gereja Kuno dengan motif bunga, gambar orang suci atau sekedar pecahan kaca warna-warni.

Langkahkan kaki anda menuju ruang dalam, anda akan menemukan satu kubah lagi Bentuk kubah yang kedua ini lebih menyerupai bangunan prisma, yang dapat anda temukan pula di percandian Budhis di Kalasan.

Perpaduan antara arsitektur pribumi dengan arsitektur Eropa atau Belanda sangat mewarnai corak bangunan gedung Balai Pemuda ini yang dibangun sekitar tahun 1907.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Keliling Surabaya, Humas KMS, hlm. 15, Deposit : D13-CB (C) 2008-02.

%d blogger menyukai ini: