Thursday, July 18, 2024
Semua Tentang Jawa Timur


Batik Mojokerto

-(2009)- BATIK Tulis Kota Mojokerto mempunyai spesifikasi motif dari kerajaan Mojopahit sehingga apabila dipandang terasa sejuk temaram. Keunikan batik Mojokerto adalah…

By Pusaka Jawatimuran , in Seni Budaya Sentra , at 01/11/2011 Tag: , , , ,

-(2009)-
BATIK Tulis Kota Mojokerto mempunyai spesifikasi motif dari kerajaan Mojopahit sehingga apabila dipandang terasa sejuk temaram. Keunikan batik Mojokerto adalah pada nama-nama coraknya yang terasa asing dan aneh di telinga. Setidaknya, ada enam motif batik khas Mojokerto yang sudah dipatenkan, yakni Mrica Bolong, Sisik Gringsing, Rawan Inggek, Pring Sedapur, Koro Renteng, dan Matahari.

Motif-motif batik tersebut kebanyakan mengambil corak alam sekitar kehidupan manusia. Motif pring sedapur merupakan gambar rumpun bambu dengan daun-daun menjuntai. Ada burung merak bertengger dengan warna dasar putih dan batang bamboo warna biru. Sementara daunnya berwarna biru dan hitam.

Motif mrico bolong lain lagi, motifnya berupa bulatan merica yang berlubang. Motif Matahari merupakan motif batik yang terbilang spesial. Selain banyak disukai, batik ini pernah diikutkan pameran di Australia tahun 2007 lalu dengan ukuran kain tiga kali lipat besarnya. Motif sisik grinsing mengambil motif sisik ikan yang mengelilingi bunga dengan dasar warna putih.

Untuk harga motif batik khas Mojokerto tersebut bervariasi. Batik sebesartaplak ditawarkan Rp 37.500. Sedangkan batik yang berbahan katun berkisar Rp 125 ribu hingga Rp 1,4 juta. Sementara, jika berbahan sutra harganya antara  Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta.

Selain batik tersebut, ada satu lagi Batik khas Mojokerto yang cukup terkenal yakni batik Kalangbret. Ciri khas batik ini hampir sama dengan batik-batik keluaran Jogjakarta, yakni dasarnya putih dan warna coraknya coklat muda dan biru tua. Menurut ceritanya, nama Kalangbret diambil dari nama sebuah desa yang menjadi lokasi terbunuhnya Adipati Kalang, yang menolak tunduk pada kerajaan Majapahit.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit No. 12.312/19-03-2010 – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : ZONABIS, Media Informasi Kadin Wilayah Tengah, Volume II, (2009).

Comments


  • Wooowww.. keren dan lengkap infonya..!! berbagai macam corak batik sudah bisa kita ciptakan, tinggal kita sebagai penerus bangsa indonesia harus bisa menjaganya agar tidak ada pengakuan budaya batik oleh bangsa lain lagi. batik adalah kebudayaan negara indonesia semoga makin berkebangpesat dan mendunia…!!

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: