Sirah Kencong Tawarkan Pesona Kesejukan Alami Kab. Blitar

Selain wisata edukasi, buatan dan sejarah, Kabupaten Blitar ternyata memiliki tempat menarikyang bisa dijadikan jujukan wisata keluarga. Tempat tersebut bernama wisata Sirah Kencong yang menawarkan keunggulan agro wisata perkebunan teh dan air terjun. Bagaimana pesona itu ditawarkan?

Wana wisata Sirah Kencong berada di area pegunungan di kawasan Kab. Blitar. Lebih tepatnya terletak pada ketinggian 1100 meter diatas permukaan laut (MDPL), sehingga suasana sejuk semakin terasa disana. Secara administratif tempat wisata ini masuk di wilayah Desa Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar, Jatim. Sedangkan pengelolaannya berada di bawah PT. Perkebunan Nusantara (PTPN)XII.

Sesampainya di lokasi wisata Sirah Kencong, wisatawan akan dimanjakan oleh keindahan panorama perkebunan teh yang indah. Perkebunan teh ini sendiri merupakan pesona utama Sirah Kencong, dengan luas sekitar 219,15 Hektar. Keberadaan kebun teh ini membentang sangat luas dengan bentang alam yang berbukit-bukit sehingga nampak sangat indah. Di sepanjang jalan setapak wisatawan juga akan menjumpai para pemetik teh yang berlalu lalang, yang menambah kesempurnaan panora­ma yang ditawarkan.

Selain pesona kebun tehnya, pemandangan alam sekitar juga menjadikan landscape menawan untuk melengkapai kawasan wisata ini. Terutama pemandangan gunung dan perbukitan yang nampak jelas, serta hijaunya pepohonan yang menyelimutinya. Dari sisi barat nam­pak gugusan bukit serta Gunung Kelud. lepas lelah sembari menikmati pemandangan alam.

Wisata Sirah Kencong juga memiliki area untuk camping dan outbond, tak jarang berbagai komunitas datang untuk ngecamp disana. Tempat ini juga cocok sebagai bumi perkemahan bagi para pe- lajar. Saat pagi, udaranya sangat terasa sensasi dingin khas kawasan pegunungan yangtidakbisadiketemukan di perkotaan.

Bagi yang ingin berburu sunrise terbaik di pagi hari, wisatawan bisa naik ke Wukir Negoro yang berada pada ketinggian 2300 Mdpl. Sekitarjam setengah tujuh pagi, sinar matahari akan mulai muncul di antara hamparan kebun teh. Tidak sedikit yang sengaja mendirikan tenda untuk menanti sangfajarterbitdi ufuktimur. Namun untuk mencapai Wukir Negoro, wisatawan mesti berjalan kaki sekitar 500 meter. Jalannya cukup menanjak dan dipenuhi rumput sehingga dibutuhkan tenaga ekstra.

AIR TERJUN SIRAH RENCONG

Selain hamparan kebun teh Sirah Kencong juga memiliki airterjun yang memiliki keindahan yang tak kalah eloknya. Air terjun Sirah Kencong yang biasa dijuluki air terjun Tirta Kencana ini merupakan salah satu destinasi populer yang ada di kawasan perkebunan teh Sirah Kencong. Wisatawan cukup menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 700 meter. Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 10 meter dengan air yang mengalir di bebatuan ini terasa sangat dingin, dan mampu membayar keletihan wisatawan yang berkunjung ke sana.

Uniknya, airyang berasal dari airterjun ini sangat jernih dan bersih sehingga bisa langsung diminum karena berasal dari mata air pegunungan alami. Aliran air yang merambat pada dinding tebing dengan dikelilingi vegetasi hijau semakin membuat betah para wisatawan untuk berlama-lama di sana.Karenanya, wisatawan bisa menikmati kesejukan udaranya dengan duduk- duduk sembari menikmati bekal yang telah dibawa. Gemericik air dari air terjun berpadu dengan kicau burung-burung yang berterbangan membuat suasana benar-benar nyaman.

Selan itu, aiiran air yang dimiliki air terjun ini tidak begitu deras sehingga mampu mengundang semua wisatawan untuk bermain air di bawah air terjun. Meskipun demikian, pengunjung harus tetap waspada seperti terpelesat atau jatuh. Apalagi, ketika musim penghujan jalan di sekitar air terjun akan lebih licin dan debit airnya akan lebih banyak.

Airterjun Sirah Kencong juga memiliki beberapa spot foto yang bisa menghasilkan foto cukup bagus. Beberapa spot foto yang banyak diminati wisatawan yakni di bagian depan air terjun dan latari belakang pemandangan air terjun. Air  terjun ini juga sangat indah untuk difoto dari berbagai sudut. Jadi, bagi para wisa­tawan yang memiliki hobi fotografi tempat ini sangat cocok untuk dijadikan hunting.Fasilitas penunjang yang ada di wisata Sirah Kencong sudah cukup lengkap. Di antaranya tempat parkir yang cukup luas, mushola, dan toilet umum yang bersih dan nyaman. Di samping itu, juga terdapat beberapa rumah makan yang bisa dikunjungi saat merasa lapar. Sebagai oleh- oleh juga disediakan produksi teh asli Sirah Kencong yang pantas untuk dibagikan ke keluarga dan kerabat.

dari pusat Kota Blitar. Sebagaimana wi­sata pegunungan lainnya, jalan menuju perkebunan Sirah Kencong cukup menantang tapi sangat menyenangkan. Transportasi yang digunakan bisa memakai kendaraan pribadi.

Seorang pengunjung, Fedora llona (16), mengatakan tempat wisata perke­bunan teh Sirah Kencong memang in­dah. Menurutnya, Sirah Kencong bisa menjadi wisata alam andalan di Kabupaten Blitar. Bagi masyarakatyangingin refreshing di alam terbuka, tidak salah kalau mereka datang ke Sirah Kencong. Namun, kata pemuda asal Talun, Kabupaten Blitar ini berharap agar akses jalan menuju tempat wisata perlu diperbaiki. Masih ada ruas jalan menuju ke lokasi yang kondisinya rusak parah. Kondisi jalan sulit dilewati mobil maupun sepeda motor.

Dengan semua fasilitas dan peman­dangan yang ditawarkan harga tiket masuk ke kawasan wisata ini hanya Rp. 5000 per orang dan parkir kendaraan bermotor Rp. 2000. Untuk menuju tempat ini, dibutuhkan waktu sekitar 90 menit dari pusat Kota Blitar. Sebagaimana wi­sata pegunungan lainnya, jalan menuju perkebunan Sirah Kencong cukup menantang tapi sangat menyenangkan. Transportasi yang digunakan bisa mema- kai kendaraan pribadi.

Seorang pengunjung, Fedora llona (16), mengatakan tempat wisata perke­bunan teh Sirah Kencong memang in­dah. Menurutnya, Sirah Kencong bisa menjadi wisata alam andalan di Kabupaten Blitar. Bagi masyarakatyangingin refreshing di alam terbuka, tidak salah kalau mereka datang ke Sirah Kencong. Namun, kata pemuda asal Talun, Kabupaten Blitar ini berharap agar akses jalan menuju tempat wisata perlu diperbaiki. Masih ada ruas jalan menuju ke lokasi yang kondisinya rusak parah. Kondisi jalan sulit dilewati mobil maupun sepeda motor

“Sebagian jalannya memang sudah bagus, tapi masih ada yang rusak. Sebenarnya jarak tempat wisata dekat, tapi karena sebagian jalan kondisinya masih rusak, akhirnya perjalanan ke lokasi terasa lama,” katanya yang mengaku baru pertama kali datang ke Sirah Kencong. Selain itu, ia tertarik datang tempat wisata itu karena banyak foto- foto spot wisata Sirah Kencong yang beredar di media social.

Sumber :    Dinukil Dari Majalah Warta BUMD Media Informasi Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Edisi 34 April 2018 hal. 24-26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *