Kopyahnesia Angkat Kopiah Jadi Identitas Bangsa, Gresik

Antusias Bule asal Amerika Serikat Elizabet Wallace (tengah)

GRESIK – Sudah menjadi rahasia dunia. Kabupaten Gresik merupakan produsen kopiah terkemuka di Indonesia. Produknya telah diekspor ke berbagai negara. Event Kopyahnesia ingin meneguhkan kopiah sebagai salah satu identitas Indonesia.

Digeber DPRD Gresik dan Jawa Pos, kegiatan itu memperoleh dukungan dari berbagai kalangan. Budayawan, akademisi, ulama, pengusaha, para pejabat pemerintah, sampai khalayak luas.

Dukungan tersebut tampak selama dua penyelenggaraan event Kopyahnesia, 25-26 Agustus. Bedah buku Sang Kopiah pada 25 Agustus mengungkap fakta. Kopiah telah menjadi simbol nasionalisme Indonesia sejak zaman Proklamator Bung Karno.

Juara Pemenang lomba menghias kopyah

Kopiah juga menjadi ciri khas tradisi hingga kini. Kemarin (26/8) ribuan peserta mengikuti parade Kopyahnesia. Di antara mereka tampak bule asal Amerika Serikat. Dia adalah Elizabeth Wallace. Sebelum parade, perempuan yang bertugas mengajar di SMA NU1 Gresik itu terlihat berkeliling stan pameran kopiah. Dia antusias. Bentuk kopiah beragam. Mulai yang polos sampai yang lukis. Elizabeth juga melihat Iwan Darmawansyah melukis kopiah dengan motif lambang Kota Gresik.

Parade berlangsung sangat meriah. Bupati Sambari Halim Radianto dan Direktur PT Jawa Pos Koran Ivan Firdaus memberangkatkan ribuan peserta. Elizabeth langsung mengambil barisan terdepan. Dia mengenakan hijab. “Elizabeth memang suka ikut acara kebudayaan. Saya ajak saja ke sini. Dia mau,” kata Ahmad Rahman Budiman guru SMA NU 1. Wakil Ketua DPRD Moh.

Syafi’A.M. mengatakan, acara kopiah. “Mereka perlu dibantu untuk acara Kopyahnesia. seperti Kopyahnesia ini sangat dandidampingi agar usah aterus “Bisa saja ke depan sambil penting. Sebab, bisa menggerakkan ekonomi masyarakat di Gresik banyak sekali perajin kopiah. “mereka perlu dibantu dan didampingi agar usaha terus berkembang,” tandasnya.   Bupati Sambari Halim Radianto menyatakan apresiasinya untuk acara Kopyahnesia. “bisa saja ke depan sambil parade membagikan kopiah kepada penonton,” ungkapnya. (son/c10/roz)

Sumber :    Dinukil Dari Surat Kabar Koran Jawa Pos, Senin, 27 Agustus 2018  hal. 24

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *