Petik Laut Warga Pandean-Situbondo

LAZIMNYA masyarakat pesisir, gelar selamatan petik laut kerap dilakukan warga setempat. Itu juga dialami masyarakat pesisir Pandean, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Tradisi tersebut sudah dilakukan turun-temurun, yang biasanya digelar nelayan di seluruh wilayah pesisir.

Tepat akhir April 2014 lalu, warga Pandean menggelar acara petik laut sebagai wujud syukur atas hasil tangkapan yang melimpah serta para nelayan diberikan keselamatan dalam berlayar dan menangkap ikan.

Puncak acara petik laut dihadiri Wakil Komandan Pangkalan TNI AL (Wadanlanal) Banyuwangi, Kadis Perhubungan dan Kominfo, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Situbondo, Muspika Kecamatan, serta tokoh masyarakat setempat.

Acara yang ditandai dengan pelepasan pitek (perahu kecil berisi sesajen) ke tengah laut diiringi arak-arakan perahu yang diisi dengan hiburan musik dangdut oleh warga setempat serta beberapa perahu nelayan yang dihias semeriah mungkin. Penari gandrung menjadi tontonan warga pada saat iring-iringan pitek berlangsung, (sit)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Petik Laut Warga Pandean-Situbondo;DERAP DESA Edisi 80, Juni 2014 ; hlm. 32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *