hari jadi Kota Pasuruan ke 327

Prosesi hari jadi Kota Pasuruan ke 327, diramaikan pawai budaya

prosesi pasuruan0001Prosesi harin jadi yang ditandai kirab pataka oleh para prajurit wironini Menjadi pertanda lahirnya kota Pasuruan. Rangkaian upacara prosesi hari jadi ini diawali dengan kirab pataka oleh para prajurit wironini yang diawali dari depan Kantor Walikota di Jalan Pahlawan menuju ke GOR Untung Suropati yang selama ini selalu dijadikan sebagai pusat kegiatan prosesi.

prosesi pasuruan0002Pataka yang diletakkan di dalam tabung kayu itu dibawa oleh salah seorang prajurit wironini, yang secara simbolik menggambarkan seorang prajurit mataraman yang membawa surat mandat dari Sultan Jawa kepada Untung Suropati. Prajurit yang membawa pataka ini duduk dengan gagah di atas kereta kudaprosesi pasuruan0006 dan diikuti beberapa pengawal yang membawa prototype senjata tombak dan tameng.

Kirab pataka ini juga melibatkan berbagai elemen masyarakat seperti pelaku seni dan budaya, siswa sekolah, para pendekar silat yang menampilkan berbagai atraksi budaya, seperti tari terbang bandung, reog dan barongsai.

prosesi pasuruan0003Pawai budaya dan kirab pataka ini sayangnya masih belum terlalu antusias disambut oleh masyarakat. Padahal bila dilihat lebih dalam, kegiatan ini mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi sebuah paket wisata festival yang mampu menarik pengunjung untuk menikmatinya.

Untuk itu perlu dikembangkan menjadi lebih menarik dengan memasukkan unsur entertain di dalamnya. Mendekati GOR Untung Suropati, prajurit wironini pembawa pataka yang sebelumnya diiringi pawai budaya, digantikan oleh rombongan walikota, wakil walikota dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkot Pasuruan yang mengenakan baju khas Pasuruan.

Sementara itu, pataka yang sebelumnya dibawa oleh seorang prajurit yang naik di atas kereta kuda diserahkan kepada seorang putri yang diiringi dengan dua orang dayangnya menuju ke tempat prosesi.Rangkaian kegiatan prosesi ini diakhiri dengan pembacaan pataka oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan. ****

MAJALAH BANGKIT EDISI I Tahun V, Januari- maret 2013, hlm. 16-18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *