Omprok Seblang, Kabupaten Banyuwangi

OMPROK SEBLANGOMPROK SEBLANGOMPROK adalah sebutan untuk hiasan kepala bagi penari tradisional di daerah Blambangan Banyuwangi. Hiasan kepala penari. tari Seblang disebut OMPROK SEBLANG. Omprok Seblang dibuat dari bahan utama Daun pisang muda dihias dengan daun asparagus serta ditambah bunga-bunga.

Tari Seblang adalah sejenis tari-tarian  tradisional daerah Blambangan Banyuwangi, yang dipentaskan pada waktu diadakan Upacara Adat Tradisional. Tari Seblang adalah tarian yang pementasannya diperuntukan sebagai tarian ritual, pada saat acara Upacara Adat Tradisional. Seperti hal-nya acara bersih desa atau pesta panen dan sebagainya.

Selain siPenari memakai OMPROK, untuk kelengkapan tari yang lain penari juga memekai kaos kaki, adapun Kelengkapan kaos kaki tersebut melambangkan lumpur yang melekat di kaki.

Tari ini berasal dari Desa Oleh Sari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Album Seni Budaya Jawa Timur, Departeman Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Proyek Media Kebudayaan 1982/1983, hlm.

3 thoughts on “Omprok Seblang, Kabupaten Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *