Tino Kerdijk, Surabaya

Tino Kerdijk, Penggagas Sekolah Musik Pertama di Surabaya

Tino-Kerdijk 11 Juli 1921 Martinus Lodewijks Kerdijk  lahir di Surabaya.  yang akrab dipanggil oleh arek-arek Surabaya pada saat itu dengan  panggilan Tino Kerdijk.

Arek Suroboyo yang satu ini memang sangat istimewa, Ia adalah perintis sekolah musik di Surabaya. Kecintaan serta dedikasinya terhadap musik di Surabaya, mengantarkan dirinya untuk patut dapat disebut sebagai legenda musik asal Suroboyo.

Tahun 1952 di rumah kediamannya yang berada di Jl. Embong Trengguli no. 22 Surabaya.  Tino mendirikan sekolah musik pertama di Surabaya.

Tak banyak orang yang tahu tentang kiprah arek Suroboyo ini. Namun ia banyak berperan dalam kancah musik di Surabaya, di bawah gemblengannya, lahirlah beberapa musisi handal Surabaya bahkan Indonesia Zaman dahulu (jadul) seperti Mus Mulyadi, Dara Puspita dan Leo Kristi.

Arek Suroboyo ini juga pernah menjadi pengajar unit kegiatan musik mahasiswa2 IKIP Negeri Surabaya.

19 Oktober 1989 silam, beliau telah tiada dan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Kembang Kuning Surabaya.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Penulis: Dhahana Adi Pungkas, Menelusuri Mereka Yang Merebah di Kompleks Makam Kembang Kuning Surabaya, . http://palingindonesia.com/menelusuri, 08 Agustus 2012

One thought on “Tino Kerdijk, Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *