Patung-Patung Perjuangan, Kota Surabaya

PATUNG-PATUNG PERJUANGAN

Sebagai kota yang berjuluk “Kota Pahlawan”, Surabaya memiliki simbol-simbol kepahlawanan seperti patung-patung pahlawan. Patung-patung itu berdiri di lokasi-lokasi yang pernah menjadi centra pe rtempuran Surabaya 1945. Namun sayang, ada sebagian patung yang telah dibongkar karena berbagai kebutuhan dan kepentingan seiring dengan roda pembangunan kota Surabaya. Patung-patung yang sudah lenyap itu diantaranya adalah patung pahlawan di depan gedung lnternasio di kawasan Jembatan Merah.

Patung pahlawan lainnya adalah patung pahlawan di depan hotel Mojopahit. Patung itu dibongkar karen a adanya renovasi hotel di awal tahun 1990-an. Sementara patung-patung pahlawan yang masih tersisa adalah patung pahlawan di Alun-alun Contong, di depan Siola, di jalan Kombespol M. Duriat, dan di Wonokromo. Lainnya adalah patung para tokoh seperti Jendral Sudirman di jalan Yos Sudarso dan patung Gubernur Suryo di jalan Gubernur Suryo (depan gedung Grahadi).

MONUMEN WlRA BUANA, 2008 (N.Purwono)

Simbol pertahanan arek-arek Surabaya di wilayah Wonokromo.
Lokasi ini adalah titik terakhir sebelum mundur ke luar kota.

PERTAHANAN KOTA, 2008 (N.Purwono)

Patung perjuangan ini berada di perempatan Siola. Lokasi ini adalah salah satu titik pertahanan kota dalam perlawanan terhadap sekutu yang mendesak arek-arek Suroboyo mundur.


melacak jejak tembok kota SOERABAIA,hlm. 139

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *