Situs Lantai Segi Enam, Kabupaten Mojokerto

Situs Lantai Segi Enam terletak di Dusun Kedaton, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan. Kurang lebih 500 meter arah selatan Pendopo Agung.

Peninggalan purbakala ini berupa hamparan ubin dan sisi dinding bangunan. Lantai bangunan kuno ini terbuat dari tanah liat bakar berpola segi enam dengan panjang tiap sisinya 6 cm dengan ketebalan 4 cm. Bentuk lantai ini pada zaman sekarang dikenal dengan paving stone. Jumlah ubin yang tersisa 104 buah.

Antara ubin satu dengan yang lain direkatkan dengan tanah liat. Lantai segi enam ini berada dalam kotak galian berukuran 7.50 x 7.75 m dan diberi atap, berada sekitar 1,8 meter di bawah permukaan tanah.

Lantai segi enam ini bentuknya unik, karena selama ini belum pernah ditemukan bentuk yang sama pada situs situs Trowulam lainnya.

Ukuran ubin sekitar 34 x 29 x 6,5 cm, pengikat antara ubin yang satu dengan lainnya menggunakan perekat tanah. Diperkirakan susunan lantai kuno ini merupakan peninggalan situs pemukiman kuno bercirikan bangunan profan berupa rumah tinggal pada masa kerajaan Mojopahit.

Di kompleks situs ini terletak di Gedung Arsip restorasi situs di kawasan Trowulan.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel dinukil Tim Pusaka Jawatimuran  dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Informasi Priwisata Kabupaten Mojokerto: DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MOJOKERTO, Juni 2011, Mojokerto, 2011, hlm. 19

One thought on “Situs Lantai Segi Enam, Kabupaten Mojokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *