Kolam Segaran, Kabupaten Mojokerto

Bangunan monumental berupa kolam besar dari batu bata, berbentuk persegi panjang dengan ukuran 800 meter x 500 meter persegi. Kedalaman Kolam Segaran sekitar 3 meter dengan ketebalan dinding kolam 1,6 meter.

Konon nama Segaran berasal dari bahasa Jawa ‘segara’ yang berarti ‘laut’, dimungkinkan masyarakat setempat mengibaratkan kolam besar tersebut sebagai miniatur laut. Diduga fungsi kolam ini adalah sebagai reservoir air bagi pemukiman penduduk kerajaan Majapahit yang padat, atau sebagai tempat latihan renang bagi prajurit kerajaan.

Dugaan lain adalah sebagai tempat hiburan menjamu tamu-tamu kerajaan, di mana mereka dijamu di tepi kolam dengan perlengkapan makan dari emas dan perak, lalu seusai acara perjamuan peralatan nan mahal ini dilemparkan ke tengah-tengah kolam untuk menunjukkan betapa makmurnya kerajaan Majapahit.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pusaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Informasi Priwisata Kabupaten Mojokerto: DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MOJOKERTO, Juni 2011, Mojokerto, 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *