11 Jenis Buah Unggulan Jatim, Saingi Luar Negeri

Jawa Timur Punya 11 Jenis Produk Unggulan Buah
PROPINSI JAWA TIMUR saat ini mempunyai 11 jenis buah-buahan produk unggulan yang sebagaian telah di ekspor ke Jepang dan Eropa. Buah unggulan tersebut diantaranya mangga, manggis, pisang, nanas, apukat, jambu biji, rambutan, salak, durian, sirsat dan apel. Ujar Ketua Asosiasi Pemasar Hortikultura Indonesia (Asperti) Jawa Timur Ir. Djoko Sudibyo beberapa waktu yang lalu di kantornya.

Buah Jawa Timur yang di ekspor ke Jepang dan negara-negara Eropa diantaranya Mangga berbagai jenis dengan ekspor pada 2007 menpai 69,22 ton dan 2008 sekitara 62,50 ton. Buah mangga hampir merata di daerah Jawa Timur tetapi paling banyak berasal dari Probolinggo dan sekitarnya.

Kemudian buah pepaya pada 2007 ekspsornya meneapai 21,28 ton dan pada 2008 turun menjadi 19,40 ton, setiap daerah di Jawa Timur merupakan penghasil buah pepaya tetapi paling banyak berasal dari Blitar, Kediri dan sekitarnya.

Pisang Jawa Timur juga banyak yang di ekspor ke negara-negara Eropa dan Jepang serta Hongkong. Pada 2007 ekspor pisang mencapai 89.82 ton dan pada 2008 meningkat menjadi 96,24 ton. Buah pisang ini hampir ada di setiap daerah di Jawa Timur tetapi paling banyak khususnya pisang mas kirana terdapat di daerah Lumajang.

Selanjutnya buah rambutan pada 2007 Jawa Timur mampu mengekspor sekitar 94,48 ton kemudian pada 2009 meningkat menjadi 113,09 ton. Buah rambutan hampir setiap daerah kabupaten/kota mempunyai tetapi yang paling banyak terdapat di Blitar, Malang, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Malang, Nganjuk serta Jombang.

Buah-buahan Jawa Timur yang di ekspor tersebut sebagaian besar masih merupakan buah-buah segar dan hanya sebagaian ada yang di ekspor dalam bentuk olahan. Kelemahan/kekurangan buah-buahan asal Jatim belum bisa diproduksi secara kontinyu atau terus-menerus sehingga banyak saingannya.

Buah-buahan asal Jawa Timur di luar negeri banyak saingannya yakni dari negera-negara tetangga seperti dari Cina, Malaysia, Thailand dan pendatang baru Australia.

Petani buah-buahan asal Jawa Timur sebagian masih belum bisa menjaga agar hasil panennya tetap baik dan tidak rusak. Jika hasil panen buah dijaga kualitasnya agar jangan sampai rusak atau cepat busuk harganya akan tetap baik di luar negeri. Jika buah tampak leeet kulitnya atau busuk dipastikan harganya akan turun.

Dicontohkannya cara pemanen pisang di Kostarika Afrika dengan di Jawa Timur berbeda. Di Negara Kostarika para petani memanen pisang buahnya dijaga betul agar jangan sampai jatuh menyentuh tanah dan tidak sampai lecet. Tetapi di negara kita cara memanen pisang masih menggunakan cara-cara tradisional, buah pisang yang siap panen di potong begitu saja batangnya sampai jatuh ke tanah, akibatnya buah lecet dan cepat busuk. Hal ini yang membuat harga pisang turun dratis. (Naryo)

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Potensi, EDISI 05 , Mei 2011, hlm. 25.

One thought on “11 Jenis Buah Unggulan Jatim, Saingi Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *